Dampak Buruk Minum Kopi Berlebihan

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.
Kopi merupakan minuman yang sangat digemari oleh sebagian besar orang, apalagi kopi memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan diantaranya mencegah penyakit saraf, mengurangi resiko kanker payudara, mencegah batu empedu,melindungi gigi dan banyak lagi manfaat kopi lainnya.

Tapi itu jika kita minum kopi secara tepat, lain lagi ceritanya jika kita minum kopi secara
berlebihan, dan bukan dalam situasi yang tepat bukanya manfaatnya yang kita rasakan tapi dampak buruknya yang kita dapatkan.

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan risiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi per hari akan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

Lalu berapa jumblah yang tepat untuk menkonsumsi kopi ? 300mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari.




Sumber. Bali post 3 juni 2012 dan berbagai sumber lainnya