Mengetahui Masa Subur Pada Wanita

Sebelumnya saya sudah sempet posting POSISI HUBUNGAN INTIM TERBAIK SUPAYA CEPAT HAMIL
Sekarang masih dari sumber yang sama yaitu tips supaya cepat hamil, saya akan post cara mengetahui masa subur pada wania.


Kehamilan terjadi ketika seorang wanita melakukan hubungan sexsual pada masa ovulasi atau masa subur dan sperma pasangan akan membuahi sel telur matang wanita tersebut.

Apasih masa subur itu ?
Masa subur adalah
masa ketika sel telur ada dan siap untuk di buahi. Sel telur berada pada tuba falopi selama kurang lebih 3-4 hari, namun hanya sampai umur 2 hari saja masa yang paling baik untuk di buahi, karena setelah itu sel telur tersebut akan mati.
Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH) secara signifikan sesaat sebelum terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Kenaikan LH akan mendorong sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopii, dan didalam tuba falopii inilah akan terjadi pembuahan oleh sperma.

Bagaimana cara mengetahui masa subur pada wanita?
Bagi yang menginginkan kehamilan masa subur bisa di jadikan patokan untuk melakukan hubungan sexsual. Sedangkan bagi yang ingin menunda kehamilan masa subur adalah masa yang dihindari untuk berhubungan sexsual.
Banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kapan masa subur itu akan terjadi, tetapi disini saya akan bahas salah satunya saja yaitu dengan sistem kalender.

Menentukan masa subur dengan sistem kalender ada dua cara:
Bagi yang siklus haidnya teratur masa subur berlangsung 14+/-1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama harus di catat panjang siklus haid, sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumblah hari pada siklus terpanjang dikurangi 11, akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumblah hari pada siklus terpendek di kurangi 18, di peroleh hari subur pertama dalam siklus tersebut.
Misal: siklus terpanjang adalah 31 dan siklus terpendek 26 , maka masa subur dapat dihitung 31-11 = 20, dan 26-18=8, jadi masa subur berlangsung diantara hari ke 8 sampai hari ke 20.

Artikel terkait :
Penghambat kehamilan
Proses terjadinya kehamilan