Terapi Gen Ampuh Melawan Kanker Darah


SEBUAH perkembangan dan lompatan terbesar berhasil dilakukan dalam melawan leukimia dan jenis kanker darah lainnya. Para dokter melaporkan kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menggunakan terapi gen untuk mengubah sel-sel darah pasien menjadi tentara yang mencari dan menghancurkan kanker.

Beberapa pasien dengan satu jenis leukemia diberikan sebuah terapi eksperimen beberapa tahun lalu dan beberapa di antaranya kini sudah terbebas dari kanker. Kini, sedikitnya enam kelompok riset telah merawat lebih dari 120 pasien dengan berbagai jenis kanker darah dan sumsum tulang belakang, dengan hasil yang mengejutkan. "Ini sangat menarik," jelas Dr. Janis Abkowitz, kepala untuk departemen penyakit darah di Universitas Washington, Seattle dan Presiden American Society of Hematology. "Anda bisa mengambil sebuah sel milik seorang pasien dan mengubahnya menjadi tentara yang menyerang sel kanker." Dalam sebuah studi, sebanyak 5 orang dewasa dan 19 dari 22 anak-anak dengan leukemia limfositik akut (ALL), mengalami remisi penuh atau tak ada kanker yang ditemukan setelah perawatan. Meski ada beberapa di antaranya kambuh kembali.

Mereka adalah pasien-pasien yang sakit parah dan kehabisan pilihan. Beberapa di antaranya telah mencoba transplantasi sumsum tulang belakang atau menjalani 10 tipe kemoterapi atau perawatan lainnya.

Kanker yang dialami Emily Whitehead (8) sangatlah parah. Menurut dokter gadis kecil asal Philipsburg, Pennsylvania-AS ini akan mengalami kegagalan fungsi organ dalam hitungan hari. Ia adalah anak pertama yang menjalani terapi gen dan kini tak ada tanda-tanda kanker di tubuhnya, sekitar dua tahun setelah terapi diberikan.




Sumber: bali post 9 desember 2013

0 komentar:

Post a Comment