Obati Cacar Air Dengan Asam Jawa

Nama Ilmiah: Tamarindus indica L
Family: Leguminoceae
Deskripsi: Pohon asam berperawakan besar, daunnya selalu hijau dan akan gugur semuanya pada saat musim bunga tiba hanya tinggal pohon dan ranting-rantingnya setelah itu keluar bunga dan disusul tunas daun-daun muda, ketinggian pohon bisa mencapai 30 m dan diameter batang di
pangkal hingga 2 m. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan, kasar dan memecah, beralur-alur vertikal. Tajuknya rindang dan lebat berdaun, melebar dan membulat. Daun majemuk menyirip genap, panjang 5-13 cm, terletak berseling, dengan daun penumpu seperti pita meruncing, merah jambu keputihan.
Anak daun lonjong menyempit, 8-16 pasang, masing-masing berukuran 0,5-1 × 1-3,5 cm, bertepi rata, pangkalnya miring dan membundar, ujung membundar sampai sedikit berlekuk. Bunga tersusun dalam tandan renggang, di ketiak daun atau di ujung ranting, sampai 16 cm panjangnya. Bunga kupu-kupu dengan kelopak 4 buah dan daun mahkota 5 buah, berbau harum. Mahkota kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, sampai 1,5 cm.
Buah polong yang menggelembung, hampir silindris, bengkok atau lurus, berbiji sampai 10 butir, sering dengan penyempitan di antara dua biji, kulit buah (eksokarp) mengeras berwarna kecoklatan atau kelabu bersisik, dengan urat-urat yang mengeras dan liat serupa benang. Daging buah (mesokarp) putih kehijauan ketika muda, menjadi merah kecoklatan sampai kehitaman ketika sangat masak, asam manis dan melengket. Biji coklat kehitaman, mengkilap dan keras, agak persegi.

Manfaat asam jawa
Mengobati biduran,
Biduran adalah bilur (luka panjang seperti kena cambuk) berupa benjolan kecil berwarna agak keputih-putihan dikelilingi warna agak kemerahan serta menimbulkan rasa gatal. Terjadi sebagai akibat gangguan system kekebalan, pada muka, kelopak mata, telapak tangan dan kaki atau bagian tubuh lainnya. Pemicunya bisa karena memakan udang, kepiting, ikan asin, telur dan cokelat.
Cara pengobatan

Bahan
-    Buah asam jawa sebesar telur ayam
-    Rimpang temulawak 15 gram
-    Gula aren secukupnya
-    Air

Pemakaian
Semua bahan dicampur dan direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring dan diminum.


Cacar air, Cacar air menimbulkan lepuh-lepuh seperti luka kena bakar, yang berisi air, yang bisa
menular pada orang lain yang terkena tetesan air ini, menimbulkan rasa gatal
Bahan
-    Daun asam 1 genggam
-    Empu kunyit 1 potong

Pemakaian
Daun asam dan empu kunyit dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus sampai menjadi adonan. Ramuan ini dioleskan ke bagian badan yang gatal.


KARANG GIGI Karang gigi (plak) adalah kerak bakteri yang berupa lapisan tidak berwarna dan lengket, terbentuk diantara pertemuan gigi dan gusi. Plak ini menyebabkan pembusukan dan penyakit pada gusi

Bahan
-    Biji asam jawa secukupnya

Pemakaian
Sangria biji asam jawa secukupnya, kemudan ditumbuk hingga halus. Gosokkan ke gigi yang berkarang dengan kain atau sikat gigi.


Berbagai sumber.