Ayo Jalan Kaki Setiap Hari

Banyak dari kita seakan malas atau tidak punya waktu untuk jalan kaki, bahkan beberapa diantara kita mungkin dalam keseharianya tidak pernah atau minim jalan kaki. Banyak faktor bisa jadi penyebabnya kemajuan teknologi transportasi dan teknologi teknologi canggih dalam ruangan seperti eskalator dan lain sebagainya.

Tapi taukah kita keuntungan dan manfaat dari rajin jalan kaki ? selain membuat kita lebih aktif secara fisik, beberapa peneliti mengatakan bahwa orang hanya perlu
berjalan 12 mil perminggu atau sekitar 125-200 menit perminggu, itu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan maka anda harus membakar sekitar 600 kalori perharidan lebih dari yang anda makan. Berjalan kaki merupakan suatu cara termudah untuk melakukan itu.
Seseorang dengan berat badan 60kg bisa membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sedang (2mph) selama 30 menit. berjalan kaki lebih cepat lagi (4mph) akan membakar sekitar 99 kalori. Mempercepat lagi bisa membakar 150 kalori.

Berjalan juga bisa meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang anda miliki semakin cepat pula metabolisme tubuh anda, sehingga banyak kalori yang terbakar, bahkan ketika anda lagi beristirahat.







sumber: pola hidup sehat