Ternyata Cabai Berkhasiat Menjaga Kesehatan

Sebagian orang indonesia menyukai masakan pedas yang bersumber dari cabai, karna memang rasa pedas dapat mengundang selera makan anda dan makananpun akan terasa lebih nikmat.
Beruntunglah ada yang memang menyukai masakan dengan rasa pedas, karena rasa pedasnya cabai ternyata mengandung banyak khasiat untuk kesehatan anda.

Pakar nutrisi Neelanjana Singh dari Nutri Life Clinic di Delhi, India, seperti dilansir Health Me Up menjelaskan kenapa cabai
berkhasiat menjaga kesehatan karena Cabai memiliki khasiat antibiotik yang dapat membunuh bakteri di dalam tubuh karena kandungan capsaicin. Zat yang menimbulkan sensasi panas dan menggigit lidah ketika cabai dimakan. Selain sebagai antibiotik, capsaicin juga berkhasiat meringankan rasa sakit karena zat ini menstimulasi pelepasan endorphin. Yaitu hormon yang menenangkan dan menimbulkan rasa senang.

Cabai juga membantu dalam proses pencernaan makanan. Ketika dikunyah, capsaicin pada cabai akan menstimulasi indra perasa dan meningkatkan produksi saliva. Di dalam air liur terdapat enzim yang berperan penting melancarkan proses cerna. Begitu makanan dilumatkan dalam mulut dan tercampur sempurna dengan saliva, sistem cerna setelahnya (kerongkongan, usus, lambung) akan lebih mudah mengolah makanan.

Tidak hanya mendukung sistem cerna, capsaicin juga efektif meningkatkan mood. Sebagai pengganti cokelat atau es krim yang tinggi lemak dan kalori, Anda lebih baik makan cabai atau makanan pedas ketika emosi sedang kesal, sedih atau marah. Sebab, cabai memicu pelepasan endorphin yang memunculkan efek senang dan bahagia. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang ketagihan makan sambal. (kmb/berbagai sumber) 





Sumber bali post 25 oktober 2013