Fungsi Payudara normal

Bagian luar payudara dibagi kedalam tiga bagian. 

Yang paling pertama ialah bagian kulit yang terasa halus dan lunak yang menyelimuti payudara. 

Bagian kedua adalah areola mamae, yaitu bagian kulit yang lebih gelap dibandingkan bagian pertama, mengelilingi payudara sampai dengan puting.

Sedangkan bagian ketiga adalah bagian
yang lebih gelap dari bagian kedua dan diikuti dengan permukaan kulit yang lebih menonjol yang disebut sebagai putting. Putting sangat sensitive terhadap rangsang dan mempunyai kemampuan ereksi saat bagian ini mengalami rangsangan.

Didalam putting terdapat saluran ASI yang terdiri dari 3-20 buah saluran ASI yang terbuka sebagai
jalan keluarnya ASI dari payudara.

Bagian dalam payudara sebagian besar terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar yang berbentuk kantong kecil yang pada masa menyusui akan terisi dengan ASI. Masing-masing payudara akan terdiri dari 15-20 kumpulan kantong kecil dan setiap kelompok dipisahkan beberapa jaringan ikat dan dinding lemak. Pada bagian dalam payudara juga terdapat beberapa pembuluh darah besar yang berfungsi optimal pada masa menyusui.

Fungsi payudara normal
Payudara berperan dalam proses menyusui atau masa laktasi, khusunya untuk meyediakan produk nutrisi dan antibodi ibu yang sangat penting bagi bayi. Paling sedikit ada 6 hormon yang berperan dalam masa laktasi yaitu prolaktin, adrenocor-ticotropic, human growth, thyroid stimulating, follicle stimulating dan luteinizing. Proses ini akan diikuti dengan pembesaran payudara dan unsure-unsur pembentuknya, selain itu payudara juga berfungsi sebagai salah satu sumber kepuasan seksual seorang wanita. Selain itu,Payudara menjadi daya tarik seksualitas bagi perempuan. Bila mereka memiliki payudara yang terlihat indah, akan menjadi hal yang membanggakan. Maka, sangatlah penting bila menjaga keindahan payudara.

Diantara cara untuk merawat keindahan payudara yang biasanya dilakukan ialah memakai bra.
Untuk kaum wanita, payudara sepertinya merupakan aset yang tak ternilai harganya. Hampir semua wanita menginginkan payudara yang sedang dan padat. Selain itu tentunya ada juga yang mendambakan payudara super tetapi tidak sedikit juga yang lebih nyaman memiliki payudara yang mini.



Sumber: seputar wanita, karya sagiko