Obat Jerawat

Kita semua tahu bahwa jerawat itu bentuknya memang kecil, namun demikian, tidak bisa dipungkiri jika jerawat bisa sangat mengganggu penampilan, baik bagi wanita maupun pria. Sekarang ini, sebenarnya sudah banyak sekali obat obat jerawat yang di jual bebas di apotik atau di toko obat. Tetapi sayangnya, efek negatif dari penggunaan obat jerawat pabrikan jauh lebih besar dibanding dengan hasil positifnya. Selain itu, banyak juga para pengguna yang tidak
mendapatkan hasil apa-apa. Padahal harga produk-produk obat jerawat dan obat anti jerawat itu harganya selangit. Guna mengatasi hal ini, sebenarnya kita bisa menggunakan kearifan lokal, yakni dengan menggunakan obat tradisional secara teratur seperti kunyit.

Nama Ilmiah: Curcuma domestic Val.

Family: Zingiberaceae
Deskripsi: Tanaman ini termasuk tanaman herbal asli Asia tenggara. Batang basah atau tak berbatang, tinggi tanaman bisa mencapai 1 m. Tanaman ini dimana-mana bisa tumbuh. Daun tak berbulu, dan juga tak berbintik. Bunga berwarna pucat, kuning pada pangkalnya, serta daun pelindungnya berwarna putih. Memiliki Bunga majemuk berwarna merah. Umbi berwarna kuning tua.
Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetok-sikurkumin dan zat zat manfaat lainnya.

Manfaat kunyit,
Biasa digunakan sebagai bahan pengawet, karena kunir ini memiliki bahan berkhasiat yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan bau amis pada bahan makanan, misalnya ikan, meningkatkan nilai suatu bahan,misalnya menambah rasa, menambah aroma ataupun penampilan suatu bahan, untuk pengobatan luar, misalnya cacar, luka, jerawat, termasuk eksim dan juga untuk mengobati telinga bernanah, sebagai bahan antiseptic, sebagai bahan yang berkhasiat dalam memulihkan stamina seseorang usia lanjut ataupun setelah terapi pengobatan.

Untuk mengobati jerawat caranya kunyit di tumbuk lalu di saring dan diminum setiap hari secara teratur.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bisa di kombinasikan dengan daun sirih, caranya tumbuk daun sirih sampai halus lalu oleskan pada jerawat.
Air kunyit mengobati dari dalam dan daun sirih mengobati dari luar.


Berbagai sumber