Tips Supaya Tidur Dengan Baik

Tidur dengan baik harus mulai Anda biasakan dari sekarang. Tidur memanglah hal yang mutlak untuk kesehatan. Jika seseorang kurang tidur akan berikan peluang virus penyakit semakin mudah untuk menggerogoti kesehatan kita. Dianjurkan tidur cukup yaitu delapan jam dalam 1 hari. Mungkin jika Anda orang sibuk dengan kegiatan sehari-harinya yang repotnya luar biasa, hal semacam itu barangkali sukar sekali untuk dilakukan.

Tetapi, memperoleh tidur yang sangat nyaman dan juga berkwalitas dapat Anda peroleh dengan mudah. Bukan hanya dengan meminum obat supaya mudah untuk tidur atau lakukan aktivitas ekstra. Karenanya itu akan
dapat memperburuk kesehatan Anda. Sebagian panduan kecil ini mungkin akan dapat membantu didalam melakukan perbaikan untuk mutu tidur Anda.


Panduan 1 : Ubah Seprai Tiap-tiap Minggu 

Hal yang sepele sebenarnya, Tetapi kenyamanan pada sentuhan seprai yang dipakai dapat merubah mutu kenyamanan pada tidur Anda. Dengan seprai yang senantiasa bersih, kulit Anda seperti sedang dibuai. Dan ditambahkan seperti ketika Anda waktu kecil, yaitu ada bantal, ada guling ataupun boneka yang senantiasa menemani ketika tidur. Hal semacam itu mungkin sudah tidak lagi dikerjakan di umur Anda saat ini. Tetapi seprai bersih akan dapat mengingatkan Anda supaya dapat mengulang kenyamanan tersebut.


Panduan 2 : Stretching
Siapa yang katakan bahwa stretching cuma dikerjakan sebelum lakukan aktivitas olah raga. Sebelum tidur sebaiknya Anda juga lakukan stretching kecil. Hal semacam ini berguna untuk meregangkan bagian otot-otot yang capek sesudah seharian melakukan aktivitas. Sebaiknya Anda berbaring diatas lantai atau karpet sepanjang kurang lebih tiga menit. Kenapa mesti lantai? Itu dikarenakan ada pengaruh gravitasi yang lebih kuat waktu tubuh Anda sedang menyentuh lantai. Membuat Otot-otot akan kembali lebih regang. Seakan rasa capek secara perlahan seperti menjadi semakin pudar, dan jatuh diserap oleh gravitasi bumi.


Panduan 3 : Tidur di Dalam Tempat Yang Gelap

Yakinkan bahwa lampu Anda dalam situasi ini sudah dimatikan. Waktunya otot mata perlu istirahat. Situasi area tidur yang gelap tanpa cahaya akan menjadikan mata menjadi lebih rileks. Selain itu rasa kantuk akan dapat lebih cepat terasa dalam situasi yang gelap. Tidak sama dengan saat lampu masih menyala maka Ada akan lebih sulit untuk megalami rasa mengantuk. Bila mungkin Anda phobia dengan gelap, gunakan saja lampu watt yang kecil supaya Anda lebih tenang dan yang pasti tidur dengan baik.


Panduan 4 : Minum Yang Hangat
Minuman yang hangat menjadikan badan Anda terasa semakin rileks. Tetapi jauhi juga minuman yang memiliki banyak kandungan kafein. Untuk cara amannya sebaiknya tentukan saja susu. Karena susu mengakibatkan sehat untuk tulang kita, serta sehat untuk badan kita dan juga buat Anda semakin merasa nyaman.


Panduan 5 : Matikan Handphone

Janganlah membiarkan telephone tengah malam yang mengganggu tidur Anda. Harus diingat bahwa ada waktunya kapan Anda bekerja, dan ada juga saat istirahat. Mutu tidur yang bagus dapat buat Anda lebih fresh dan juga produktif esok paginya.


Panduan 6 : Alunan Suara Lembut
Musik yang diputar dengan lembut akan dapat menjadi pengantar untuk tidur yang paling prima. Tidur Anda akan dapat makin nyenyak dengan alunan dari suara lembut. Atur saja volumenya seperti orang berbisik. Dengan demikian Anda seakan dibuai dan juga dinyanyikan oleh Ibu seperti waktu Anda kecil dulu.


Itulah beberapa tips yang membuat tidur dengan baik, Anda bisa langsung mempraktekannya sendiri di rumah. Anda bisa memulai mempraktekannya malam ini juga ketika Anda ingin berbaring di peristirahatan malam yang indah.



Sumber : seputar wanita, karya sagiko