Jeruk Nipis, Obat Bermacam Penyakit


Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagaijeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti padasoto. Namun ternyata jeruk nipis juga bisa di jadikan obat tradisional untuk
menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Obat amandel.
Bahan
  • Jeruk nipis (citrus aurantifolia) 3 buah, Kapur sirih secukupnya
Cara membuat
Jeruk nipis diperas dan diambil airnya kemudian ditambahkan sedikit kapur sirih, aduk rata. Minum menjelang tidur malam selama 3 hari berturut-turut.

Batuk, Batuk terjadi karena adanya benda asing atau sesuatu yang merangsang selaput lender di tenggorokan atau cabang tenggorokan. Benda asing tersebut dikeluarkan oleh tubuh melalui batuk. Benda asing dapat berupa debu, alergi, dan kuman.
Cara mengobatinya,
Bahan
-    Jeruk nipis 1 buah
-    Kapur sirih secukupnya
-    Gula batu secukupnya

Pemakaian
Satu buah jeruk nipis dibelah. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, lalu didiamkan beberapa saat. Setelah itu, kulit jeruk dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, lalu dtambah gula batu. Setelah tercampur rata, air tersebut disaring dan diminum.

Asma,
merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Gejala umum meliputi mengibatuk, dada terasa berat, dan sesak napas.
Cara pengobatannya, 
Bahan :
  • Air panas jeruk nipis 2 sendok makan, Gula batu secukupnya, Air panas 1 gelas
Cara amembuat :
  • Semua bahan dicampur menjadi satu dan diminum selagi masih hangat. Minum 3 x sehari @ 1 sendok makan.
Menghilangkan ketombe,
Ambil perasan air jeruk nipis kira-kira 2 sendok makan lalu siramkan ke rambut anda. Gunakan air jeruk tadi tadi sampai merata. Setelah 3 menit, bilaslah rambut anda dengan air. Cara ini cukup efektif jika digunakan secara teratur.

Mabuk kendaraan,
Cara membuat Obat Tradisional mabuk Kendaraan :
  • Jeruk nipis diperas diambil airnya
  • Tambahkan air dan gula supaya nikmat
  • Minum Obat Tradisional Mabuk Kendaraan tersebut sebelum melakukan perjalanan.
Penyakit cacing gelang,
CACING GELANG (ASCARIASIS) adalah penyebab penyakit ascariasis, berwarna keputih-putihan, berukuran sebesar pensil. Bila masuk kedalam tubuh, cacing gelang akan menyerang usus 12 jari, ke hati, dan cabang tenggorokan. Gejala yang ditimbulkan yaitu rasa mual, muntah, demam, dan berat badan mengurang.
Bahan
-    batang ki koneng segar 1 jari
-    jeruk nipis 1 buah
-    daun sirih 5 lembar
-    air 3 gelas

pemakaian
semua bahan direbus selama 20 menit, kemudian airnya didinginkan dan disaring. Airnya dibagi menjadi 2 dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

Demam berdarah,
Penyakit demam berdarah (DB) disebabkan oleh inveksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aygepty dan Aedes allbopictus betina. Penyakit ini merupakan penyakit demam akut yang disertai dengan pendarahan pada bagian tubuh, baik pendarahan luar maupun dalam seperti pada alat pencernaan. Wanita lebih rentan terhadap serangan penyakit demam berdarah terutama pada saat menstruasi. 
Ada tiga jenis penyakit demam berdarah, yaitu demam berdarah klasik, demam berdarah dengue (DBD), dan shock syndrome dengue. Nyamuk betina meletakkan telurnya pada genangan-genangan air terutama air jernih. Penyakit demam berdarah ditandai dengan suhu badan tinggi tetapi tidak kunjung turun, badan menggigil kedinginan, keluar darah sehabis gosok gigi, serta kaluar bintik-bintik merah pada pori-pori kulit. 
Cara pengobatan dengan jeruk nipis, 
Bahan
Kelapa muda hijau 1 butir
Jeruk nipis 
Cara Membuat
Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya. Lalu ambil kelapa muda hijau, lubangi bagian atasnya. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam buah kelapa muda hijau.
Minum ramuan herbal obat tradisional setiap hari secara rutin.

Itu beberapa jenis penyakit yang bisa di atasi dengan ramuan jeruk nipis, yang di rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.
Bila sakit berlanjut hubungi dokter.