Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Kandungan bawang merah :
* Flavonglikosida, berfungsi sebagai anti radang , pembunuh bakteri, menurunkan panas
* Protein
* Lemak
* Kalsium
* Fosfor
* Vitamin B1 dan C

1. Menyembuhkan sembelit, Serat yang di kandung bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika anda terkena sembelit jangan segan makan bawang merah mentah.
2. Masalah pendarahan, Bawang merah merupakan salah satu obat mujarab menyembuhkan hemoroid atau wasir. Bahkan bisa juga untuk mengatasi pendarahan di hidung, caranya iris bawang merah, dan hirup baunya secara perlahan.
3. Mengontrol Diabetes, Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Jadi jika anda mendrita diabetes perbanyak menkonsumsi salad bawang secara teratur.
4. Melindungi jantung, Konsumsi bawang mentah secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner. Karena makanan ini mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.
5. Mengontrol kadar kolestrol, Makanan herbal ini dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat. Bawang merah juga mengandung sulfida methylallyl serta asam amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 
6. Mencegah kanker, Bawang merah memiliki banyak kandungan senyawa blerang, sulfur  yang dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru paru, usus dan prostat.

Makan bawang mentah juga dapat membantu mengatasi gangguan saluran kemih.


Sumber : Bali post 7 november 2013 ( berbagai sumber)